gpi7Di lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini, setiap orang mencari jalan yang aman. Tergantung pada jenis usaha, anda dapat mengandalkan teknologi dan gadget terkini, membaca semua berita dan publikasi perdagangan. Strategi ini bisa jadi efektif, mereka tidak menunjuk satu variabel yang selalu mempengaruhi keberhasilan anda: Anda.

#1 Asset terbesar anda
Anda adalaha asset terbesar bagi diri anda. Tidak peduli seberapa banyak persiapan dan kerja keras yang anda lakukan dalam bisnis, keberhasilan akan selalu dipengaruhi oleh kinerja personal anda. Pikirkan bagaimana produktifitas yang menurun ketika terserang flu atau demam. Ketika anda tidak dalam kondisi terbaik, anda tidak melakukan yang terbaik.

#2 Merasa lelah, tertekan mempengaruhi setiap aspek kinerja anda
Ketajaman mental, kemampuan berkomunikasi, organisasi, keyakinan, ingatan dan kreativitas tidak ada artinya jika tubuh anda lelah. Pada saat anda berada di titik ini, tubuh anda akan melawan anda – jadi anda memerlukan waktu yang lebih lama, namun dengan hasil yang lebih sedikit.

#3 Pertimbangkan Kesejahteraan
Dengan memperhatikan kesehatan personal akan membantu anda mencapai tujuan profesional. Sepertinya bertolak belakang, dengan menghabiskan waktu jauh dari bisnis anda, justru akan meningkatkannya – namun ini benar. Dengan memperhatikan diri anda sendiri merupakan penghargaan secara personal dan profesional. Hanya anda yang tahu apa yang diperlukan tubuh dan pikiran anda agar seimbang.

Berikut beberapa ide:

Menjaga Nomor Satu
Meningkatkan kesejahteraan anda dimulai dari anda terlebih dahulu. Anda secara rutin melakukan servis mobil – begitu juga tubuh anda layak mendapatkannya. Jadwalkan waktu untuk diri anda sendiri secara teratur dan hargai komitmen tersebut.

Rileks, Pemulihan, Peremajaan
Menemukan keseimbangan adalah proses yang unik bagi masing-masing individu. Ada yang melakukan pijat relaksasi, melakukan olahraga. Sementara ada juga yang mematikan telepon selama beberapa menit setiap harinya. Sasarannya adalah menemukan aktivitas yang dapat membantu anda menurunkan stress dan memulihkan anda. Hasilnya adalah meerasa segar dan lebih siap dalam menghadapi tantangan hidup.

Perlakukan diri anda layaknya seorang teman
Bukan hal yang mudah untuk menempatkan diri kita sendiri, namun lebih sering kita menjadi musuh bagi diri kita sendiri. Kita menempatkan tuntutan fisik, mental dan emosional yang tidak masuk akal pada diri kita sendiri, dan kemudian mengkritik hasil yang telah kita lakukan.

Lebih baik, perlakukan diri anda sebaik anda memperlakukan keluarga dan teman anda. Hargai diri anda dengan tidak menganalisa aspek hidup secara berlebihan. Fokus pada memperlakukan diri anda dengan baik dan kenali dengan menetapkan harapan yang tidak realistis pada diri anda akan menghilangkan keseimbangan yang ada.

Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras
Sering kita membiarkan tekanan pekerjaan mengacaukan keseimbangan kita. Misalnya,”Jack” mengerjakan proyek yang besar dan dia pikir dia melakukan hal yang benar dengan mengatur ulang kehidupannya untuk memenuhi tuntutan ini. Pertama, dia membatalkan aktifitas yang ‘tidak penting’ – termasuk bermain racquetball setiap minggunya. Dan setiap hari dia bekerja selama 12 jam, dengan hanya makan donut. Sehingga tubuhnya kurang makan, gizi dan istirahat. Dia memang bekerja “lebih keras”, tapi apakah dia bekerja dengan “lebih cerdas”?Tentu saja pikirannya akan lebih tajam dan staminanya lebih kuat – yang menghasilkan proyek yang lebih berhasil – jika dia menjaga keseimbangan dalam hidupnya pada saat kritis.

Tetapkan langkah anda
Bagi kebanyakan kita, situasi yang menegangkan sering terjadi. Jika anda tidak menetapkan langkah dalam hidup anda, stress yang akan melakukannya untuk anda. Sifat dari kesuksesan adalah apa yang diharapkan, dan dapat memberikan dampak negatif jika anda mengorbankan keseimbangan. Kenali bahwa stres adalah bagian dari anda yang berkelanjutan dan menantang diri anda untuk merespon pada langkah anda.

Jadikan kesejahteraan anda sebagai prioritas
Jangan biarkan tekanan dan tuntutan menganggu tujuan dan nilai inti anda. Luangkan waktu untuk kembali ke diri anda “sebenarnya”. Perbaiki semangat anda dengan kegiatan yang anda sukai.

Ini adalah bukti nyata bahwa keseimbangan dalam hidup akan membantu anda dalam meningkatkan kinerja bisnis. Namun salah satu benefit terbesar dalam menjaga keseimbangan adalah meningkatakn mutu kehidupan anda. Buatlah prioritas dan lihatlah hasilnya.

Oleh :Adriane Witcher
Diterjemahkan oleh: Iin (Tim pengusahamuslim.com)